Mengenal Pengertian dan Fungsi Resistor Pada Komponen Elektronika

Pengertian dan Fungsi Resistor Pada Komponen Elektronika - Fungsi Resistor mempunyai peranan penting dalam sebuah rangkaian elektronika. Sifat dasar resistor yang dapat membatasi dan menyimpan aliran listrik sementara sebelum masuk dan mengalirkan listrik pada komponen elektronik lainya. Jadi, keberadaan resistor ini memang sangat di peruntukan untuk memberikan asupan listrik sesuai kebutuhan, sehingga masuknya aliran listrik yang besar tidak akan terus menyalur pada komponen yang sebetulnya membutuhkan listrik yang kecil. Selain berfungsi sebagai pembatas dan penyimpan listrik sementara, resistor juga berguna sebagai pembagi arus dan penurun tegangan listrik. Tak heran jika resistor banyak di gunakan untuk berbagai macam jenis alat elektronika di dunia ini. Ohm adalah satuan resistansi resistor.
Mengenal Pengertian dan Fungsi Resistor Pada Komponen Elektronika
Resistor
Resistor mempunyai resistansi (tahanan) tertentu yang dapat memproduksi tegangan listrik terhadap kedua pin yang ada pada resistor, kemudian dari resistansi tersebut akan menghasilkan nilai yang berbanding lurus dengan arus listrik yang di hasilkan, berdasarkan hukum Ohm.

Resistor ini merupakan komponen dari sebuah rangkaian elektronik yang keberadaannya juga sudah semakin menjamur di kalangan masyarakat dunia. Jadi wajar saja, anda akan dengan mudah menemukan resistor yang di jual bebas di toko elektronik. Karena mempunyai fungsi yang dominan pada rangkaian elektronika.

Pengertian Resistor
Komponen terkecil yang serba guna dari sebuah elektronika yang mempunyai fungsi untuk membatasi arus, membagi arus, menyimpan arus sementara, atau bahkan mengubah arus listrik agar mempunyai nilai yang sama dengan kebutuhan yang kemudian di salurkan pada komponen-komponen elektronik lainya yang mempunyai nilai arus yang lebih kecil.

Jenis-Jenis Resistor
Adapun jenis-jenis dari sebuah resistor adalah sebagai berikut :

  • Fixed Resistor, Sering di gunakan sebagai penghambat arus listrik secara permanen. Biasanya pada resistor jenis ini mempunyai nilai yang di tengarai dengan warna-warna yang tertera dari badan resistor. Resistor ini sering di gunakan untuk menghambat arus listrik yang mengalir pada lampu LED
  • Variable Resistor, adalah jenis resistor yang mempunyai nilai resistansi yang berubah-ubah dengan cara memutar tuas yang ada pada resistor, sehingga aliran akan bisa di atur sesuai dengan keinginan anda.

Itulah postingan mengenai Mengenal Pengertian dan Fungsi Resistor Pada Komponen Elektronika. Jangan lupa untuk membagikan postingan ini pada semua orang yang anda kenal, dengan cara klik share pada tombol social media yang telah kami sediakan tepat di bawah postingan ini. Terima kasih.