Cara Instalasi Komputer Paling Mudah dan Cepat

Cara Instalasi Komputer Paling Mudah dan Cepat - Komputer adalah sebuah perangkat keras yang dapat di aplikasikan untuk berbagai macam kebutuhan, mengolah data, desain, berhitung, mengetik, mencetak, hingga mengakses adalah fungsi lain dari sebuah perangkat yang dulunya di gunakan hanya untuk berhitung ini. Bahkan hampir semua dari masyarakat dunia masih menggunakan perangkat ini kebutuhan dan pekerjaan mereka. Tak heran jika Komputer masih menjadi primadona para netter dan desainer yang berkecimpung langsung dengan peranan computer.

Seiring dengan perkembangan computer, mungkin perkembanganya sudah dapat kita rasakan. Mulai dari warga kota hingga masyarakat desa sudah mengenal atau bahkan telah memiliki alat ini. Namun, anehnya, seiring dengan masyarakat yang sadar akan fungsi computer itu sendiri, ternyata masih banyak juga yang belum bisa untuk merakit computer mereka sendiri dan lebih memilih untuk merakitkan komputernya di jasa Instalasi Komputer.
Nah postingan ini sengaja saya buat untuk sobat yang sedang bingung dengan Cara Instalasi Komputer, berikut ini telah saya rangkum langkah-langkah Bagaimana Cara Instalasi Komputer dengan Baik dan Benar. Tips ini akan membantu mengurangi biaya keluar sobat di bandingkan dengan harus rajin datang di tempat perbaikan computer. Tanpa panjang lebar lagi, silahkan sobat ikuti beberapa langkah mudah Cara Instalasi / Merakit Komputer :

Cara Instalasi Komputer Paling Mudah dan Cepat
Image @ Kaskus
Instalasi Power Supply pada Cashing Komputer

Power Supply atau yang popular di sebut dengan PSU (Power Supply Unit) ini adalah perangkat computer yang berfungsi untuk mengalirkan aliran listrik dari power ke daya listrik yang di butuhkan oleh computer. Pada dalah PSU terdapat sebuah Fan atau kipas yang gunanya untuk menyedot udara panas pada CPU keluar hal ini akan membantu menurunkan suhu yang terlalu panas di dalam computer.

Untuk memasang Power Supply pada Chasing Komputer adalah :

Buka Cashing Komputer > Posisikan tidur > Masukan PSU pada slot yang tersedia, biasanya terdapat di atas sisi kiri dari chasing > Untuk pemasangan, perhatikan label pada PSU, label harus menghadap ke atas > Selanjutnya Skrup > Skrup menyilang, untuk skrup pertama dan kedua usahakan jangan terlalu kuat gunanya untuk mengantisipasi tergesernya posisi PSU yang kurang pas > Jika di rasa sudah pas, kuatkan semua skrup dengan obeng.

Instalasi Mother Board pada Chasing Komputer

Mother Board atau yang sering di sebut dengan MOBO adalah perangkat computer yang berisi komponen-komponen terkecil dari sebuah Komputer, selain itu di dalam mother board juga terdapat berbagai macam slot-slot pendukung lainya, seperti slot PCI, Slot VGA, Slot Expancy, Slot Memory dan masih banyak lagi. MOBO juga dapat di katakana sebagai kota dari semua proses Komputer, dimana semua komponen penting tertancap di dalam sini, seperti Processor, RAM, Kabel-kabel dan masih banyak lagi.

Untuk memasang Mother Board pada Chasing Komputer adalah :

Pasang Back Cover, back cover adalah pembatas antara port mother board seperti port VGA, LAN, Sound, Mouse dan lain sebagainya. Biasanya terbuar dari seng. Pasang dengan benar kemudian skrup > Selanjutnya letakan MOBO pada posisi yang sudah di sediakan > Seperti biasa usahakan untuk skrup menyilang dan jangan terlalu kuat untuk skrup pertama dan kedua > nah jika sudah terpasang dengan tepat, kuatkan skrup.

Instalasi Hardisk dan CD Room pada Chasing Komputer

Hardisk adalah media penyimpan yang mempunyai kapasitas data yang cukup besar, sedangkan CD Room adalah media pembaca data yang telah ter-Burning pada sebuah CD. Ada dua 3 (tiga) macam jenis CD yang saat ini masih di gunakan, yaitu CD R (Read) fungsinya adalah hanya bisa membaca data dari sebuah CD tanpa bisa merubah data yang sudah ada, CD W (Write) fungsinya adalah menulis dan merubah data yang sudah ada, dan CD RW (Read and Write) fungsinya lebih universal, bisa menulis sekaligus bisa membaca data.

Sebelum memasang Hardisk dan CD Room, sebaiknya kita perhatikan dulu posisi terbaik dari keduanya. Pertama sobat harus tau konfigurasi JUMPER, Jumper sendiri berguna untuk membedakan perangkat pada posisi Master atau Slave, Master adalah perangkat utama yang akan di baca terlebih dahulu oleh system, sedangkan Slave adalah perangkat yang telah di atur untuk di baca setelah pembacaan perangkat Master sudah di lakukan. Dan biasanya, CD Room di setting sebagai master baru di ikuti dengan hardisk pada posisi Slave.

Untuk mengatur jumper dapat di lihat dari beberapa vendor hardisk dan CD Room, bisa jadi beberapa perangkat tersebut mempunyai konfigurasi yang berbeda untuk setiap perangkat yang ada.
Ada beberapa notifikasi pada konfigurasi pemasangan jumper :

MA = artinya Master
SL = artinya Slave
CS = artinya saya lupa :D

Untuk memasang Hardisk dan CD Room pada Chasing Komputer adalah :

Atur CD Room pada posisi Master caranya, masukkan Jumper pada tulisan / notifikasi yang bertuliskan MA > Selanjutnya atur Hardisk pada posisi Slave, masukkan Jumper pada tulisan / notifikasi yang bertuliskan SL > Koneksikan kabel CD Room dan Hardisk pada slot IDE yang ada pada MOBO.

Instalasi Slot AGP, PCI, Kabel ATX 12 Volt, dan Slot Memory pada Chasing Komputer
    • Slot AGP, AGP adalah sebuah slot pada MOBO yang berfungsi untuk mengkoneksikan VGA display dengan CPU.
Pertama, buka pengunci slot > Perhatikan lekukan pada kartu VGA dengan slot AGP > Masukan VGA card > Tekan hingga mengunci secara otomatis > Skrup pada back cover agar lebih kuat
    • Slot PCI, PCI adalah sebuah slot pada MOBO yang di gunakan sebagai slot untuk perangkat tambahan seperti LAN Card, Sound Card, Bluetooth Card, dan lain-lain.
Perhatikan lekukan kartu tambahan > Sesuaikan dengan slot yang tersedia > Masukkan dengan cara menekan > Skrup pada back cover agar lebih kuat
    • ATX 12 Volt, ATX 12 Volt adalah sebutan lain dari kabel ataupun konektor dari PSU yang terkoneksikan langsung dengan MOBO.
Biasanya mempunyai 4 buah pin dan di lengkapi dengan pengunci > Tancapkan pada slot ATX yang berada di samping Processor > Tekan hingga keluar suara KLIK!
    • Slot Memory, RAM (Random Access Memory) atau Memory adalah sebuah perangkat penting yang harus dan wajib ada pada sebuah perangkat computer.
Sama pada pemasangan sebelumnya, perhatikan terlebih dahulu lekukan RAM dengan slot > jika di rasa sudah cocok langsung tekan kartu hingga pengunci tertutup secara otomatis

Instalasi Front Panel pada Chasing Komputer

Front panel adalah sebuah perangkat multimedia seperti Sound, Mic, Speaker, dan masih banyak lagi. Pada front panel juga mempunyai konfigurasi yang sedikit rumit di bandingkan dengan konfigurasi perangkat yang lain. Kabel Front panel mempunyai beberapa jenis warna yang mempunyai fungsi masing-masing yaitu: merah, putih, biru dan hijau. Dan untuk konfigurasi, kita harus mensetting beberapa konfigurasi sekaligus yaitu Kabel HDD LED, Kabel Power LED, Kabel Reset SW, dan Kabel Power SW. sebelum melakukan konfigurasi sobat haru faham dengan nomor pin dari slot front panel pada MOBO berikut gambaran pin :

.9 .7 .5 .3 .1
    .8 .6 .4 .2
    • Kabel HDD LED mempunyai kabel yang berwarna merah dan putih yang harus di pasangkan pada pin nomor 1 dan 3. Warna merah bermuatan positif sedangkan warna putih bermuatan negative
.9 .7 .5 .3 .1
    .8 .6 .4 .2
    • Kabel Power LED mempunyai kabel warna hijau dan putih yang di pasangkan pada pin nomor 2 dan 4. Warna hijau bermuatan positif dan warna putih bermuatan negative
.9 .7 .5 .3 .1
    .8 .6 .4 .2
    • Kabel Reset SW mempunyai kabel warna biru dan putih yang berada pada pin nomor 5 dan 7. Di mana warna putih pada kabel selalu bermuatan negative
.9 .7 .5 .3 .1
    .8 .6 .4 .2
    • Kabel Power SW mempunyai kabel warna merah dan putih yang di letakkan pada pin nomor 6 dan 8. Warna merah bermuatan positif dan warna putih bermuatan negative
.9 .7 .5 .3 .1
    .8 .6 .4 .2

Agar lebih mudah untuk mengidentifikasikan warna kabel front panel, berikut table konfigurasi agar memudahkan sobat untuk menginstalasi fitur computer yang dapat di bilang cukup rumit ini
1 dan 3 di gunakan untuk HDD LED
2 dan 4 di gunakan untuk Power LED
5 dan 7 di gunakan untuk Reset RW
6 dan 8 di gunakan untuk Power SW
Nah mungkin untuk pertemuan kita kali ini saya sudahi untuk hari ini. Karena tangan saya sudah lumayan lemes untuk nerusin postingan mengenai Cara Instalasi Komputer Paling Mudah dan Cepat ini. Dan jika postingan ini bermanfaat, silahkan bagikan postingan ini pada social network yang sobat miliki. Jangan lupa ya :D. Jangan lupa baca postingan sebelumnya juga tentang Download Software Komputer Gratis Terbaru Lengkap.