Menghindari Komputer Terserang Virus

Menghindari Komputer Terserang Virus - Mempunyai komputer memang sudah menjadi hal yang sangat menyenangkan. Berbagai macam kegiatan dapat kita lakukan menggunakan komputer. Memang komputer saat ini sudah mengalami peningkatan dari segi interface (komponen) komputer, sehingga fungsi komputer menjadi lebih banyak.
Mulai dari bermain game, membuat grafis, memutar musik, melihat video, membuat presentasi, database, dokumen, dan masih banyak lagi hal yang dapat di lakukan menggunakan komputer.
Namun sayangnya, munculnya virus ataupun malware yang berada di komputer kita mengakibatkan komputer menjadi lebih lambat terlebih dapat berakibat fatal, seperti kehilangan data penting. Tentu saja hal tersebut semakin membuat kita repot.

Menghindari Komputer Terserang VirusVirus adalah program jahat yang di buat sengaja oleh salah seorang yang berniat untuk mengambil, melihat, merubah, bahkan merusak data yang dapat merugikan user yang di serang. Biasanya virus lebih banyak muncul pada OS (Operating System) Windows, karena memang windows memiliki rongga keamanan yang lebar. Hal tersebut semakin menambah minat segelintir orang untuk membuat virus yang di gunakan untuk merusak windows melalui keamanan yang kurang tersebut.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat sobat lakukan untuk Menghindari Komputer Terserang Virus.
  1. Pertama yang dapat sobat lakukan adalah dengan melakukan update terhadap antivirus sobat secara berkala. Hal tersebut memungkinkan untuk menghindari terserangnya komputer oleh virus-virus baru. Karena memang seiring dengan berjalannya waktu, viruspun akan semakin bertambah pula dengan fungsi serang yang berbeda dan bermacam-macam.
  2. Lakukan Scanning komputer secara rutin untuk mengetahui dan menghindari masuknya virus berbahaya pada komputer sobat. Usahakan untuk menggunakan antivirus yang sudah pro bukan yang free. Karena memang antivirus yang sudah “pro” mempunyai fitur lengkap di bandingkan dengan antivirus yang masih “free”.
  3. Jangan sembarangan untuk melakukan eksekusi (membuka) file yang mencurigakan. Seperti file berekstensi *exe. Bisa jadi file tersebut adalah virus yang berbahaya untuk komputer sobat. Jadi jika anda menemukan file mencurigakan, sebaiknya sobat scan terlebih dahulu sebelum melakukan eksekusi.
  4. Jika komputer sobat sedang terhubung dengan internet, silahkan untuk menghidupkan firewall komputer sobat. Firewall sendiri berguna untuk menangkal semua file-file berbahaya yang bisa saja masuk pada komputer sobat khususnya melalui internet.
  5. Lakukan Scanning pada flashdisk yang sobat masukan pada komputer sobat. Karena menurut survey, banyak komputer yang terserang virus akibat sering di colokkan banyak flashdisk.
Mungkin hanya sampai di sini saja postingan mengenai Menghindari Komputer Terserang Virus. Semoga dapat bermanfaat :).