Cara Agar Android Tidak Lemot (lola)

Cara Agar Android Tidak Lemot (lola) - Android adalah operating system mobile yang dikenalkan langsung oleh google dan saat ini telah sangat populer dikalangan penggila smartphone, khususnya indonesia. Apa itu Smartphone? Smartphone adalah handphone pintar yang telah terintegrasi dengan berbagai macam fitur canggih dan tentunya bermanfaat.
Android telah berhasil menguasai pasar indonesia khususnya dalam produk smartphone. Tidak salah jika android saat ini telah menjadi prioritas utama bagi para pengguna khususnya dalam pemanfaatan fitur.Tak heran jika android selalu memberikan fitur-fitur baru yang canggih dan mudah digunakan dan itupun karena ingin selalu mendapatkan kepuasan pengguna.

Cara Agar Android Tidak Lemot (lola)
Namun sayangnya saat ini kita sebagai pengguna Android sangat kurang sekali dalam masalah perawatan. Tidak heran jika banyak dari pengguna android yang sering mengeluh akibat performa smartphone mereka semakin menurun, dan hal tersebut sangat beda dibandingkan saat pertama membeli produk android.

Memang dilihat dari cara pemakaian kita. Jika kita menggunakan handphone kita terlalu sering, tentu juga kita harus dapat memperhatikan dan merawat handphone kita dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat Android sobat menurun performanya :
  1. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall
  2. Terlalu sering digunakan dengan berbagai proses yang dijalankan secara bersamaan (Multitasking)
  3. Memasang tema yang terlalu berat dan mempunyai kapasitas yang besar
  4. Terlalu banyak memasang widgets di background handphone
  5. Dan masih banyak lagi.
Tentu saja sebagai pengguna kita juga harus memperhatikan aplikasi apa saja dan cara memperhitungkan proses yang hendak kita lakukan.

Berikut adalah Cara Agar Android Tidak Lemot (lola). Memang proses yang lemot atau lola sering membuat kita semakin jengkel. Namun tenang saja saya akan membagikan beberapa cara yang dapat membantu meningkatkan performa android menjadi lebih meningkat.
  • Gunakan Task Kill Manager Pada Androidmu
Seperti halnya komputer yang mempunyai Task Manager, Android juga mempunyai fitur seperti halnya komputer. Dimana aplikasi ini dapat menghentikan proses yang sedang macet (not responding). Soba bisa gunakan aplikasi ini dan silahkan download secara gratis di Play Store.
  • Gunakan Aplikasi yang Bermanfaat
Silahkan hapus aplikasi yang kurang bermanfaat untuk sobat. Aplikasi yang kurang bermanfaat apa lagi mempunyai kapasitas yang besar dapat berpengaruh terhadap performa Android sobat. Jadi silahkan uninstall aplikasi yang tidak bermanfaat.
  • Jangan Terlalu Sering Melakukan Proses Secara Bersamaan
Menjalankan proses secara bersamaan sering disebut dengan multitasking. Benar sekali Android juga mempunyai fitur multitasking dimana sobat dapat menjalankan game, membuka email, memutar video secara bersamaan. Tahukah sobat bahwa hal tersebut akan semakin memperparah performa Android sobat.
  • Gunakan Theme/Tema yang Ringan
Biasanya ini terjadi bagi sobat yang suka sekali dengan grafis dan tampilan indah. Dengan menginstall theme yang terlalu besar akan membuat Android sobat menjadi lemot/lola tingkat dewa.
  • Memory Internal Android Sobat Penuh Tuh?
Benar sekali hal terakhir yang sering membuat android sobat menjadi lemot adalah memory Internal (memory telepon) sobat sudah penuh dengan data yang terlalu besar. Untuk mengatasi hal tersebut sobat dapat memindahkan data sobat ke Memory external (SD Card). Dengan begini Insya Allah Android sobat menjadi lebih ringan.

Pada intinya aplikasi ataupun storage data yang sudah penuh sering mengakibatkan performa android sobat menjadi lebih menurun dan tentunya hal tersebut akan membuat jengkel bukan? Jadi mulai sekarang silahkan perhitungkan untuk menggunakan aplikasi atau data yang hendak sobat pasang di Android sobat tersebut.

Mungkin hanya sampai disini saja pertemuan kita mengenai Cara Agar Android Tidak Lemot (lola). Semoga dapat bermanfaat dan membantu permasalahan sobat yha?. Sampai bertemu dilain hari sobat.